Rabu, 14 November 2012

Tips Membeli Rumah




Lokasi merupakan faktor penting dalam menentukan harga rumah yang ingin dibeli. Sekarang ini perumahan lebih menitikberatkan ke luar Jakarta dengan akses jalan alternatif yang cukup baik.
Karena lokasi yang strategis serta akses jalan yang beragam mengakibatkan harga rumah menjadi sangat mahal. Tapi apabila Anda memiliki kemampuan untuk membeli rumah di daerah strategis, hal ini merupakan investasi jangka panjang yang sangat baik.
Karena keterbatasan serta eksklusivitas daerah strategis mengakibatkan harga rumah di daerah tersebut akan stabil di saat keadaaan ekonomi sedang lesu dan menaik bila perekonomian berkembang.
Akan tetapi Anda tidak harus membeli tanah di daerah strategis untuk mendapatkan kemudahan akses menuju sekolah, mall atau tempat lainnya. Sekarang ini banyak Developer memberikan fasilitas berupa rumah sakit, sekolah, supermall, supermarket dan lain-lain di sekitar perumahan.
Anda juga tidak perlu membeli rumah di daerah strategis untuk dapat tinggal di lingkungan yang nyaman dan aman. Banyak perumahan sekarang ini walau di luar atau pinggiran Jakarta memberikan fasilitas lingkungan yang nyaman.
Keadaan fisik rumah yang Anda inginkan juga harus diinspeksi. Jangan sampai Anda memperoleh sebuah bangunan yang dengan kasat mata bagus akan tetapi di berbagai sudut bangunan rumah sudah bobrok. Teliti sebelum membeli.
Hal mendasar yang harus Anda lakukan adalah meninjau apakah rumah tersebut memerlukan renovasi yang besar untuk dapat Anda tinggali dengan keluarga dengan segera.
Rumah-rumah baru belum tentu juga baik, tidak ada salahnya jika Anda meneliti terlebih dahulu. Memang secara umum rumah baru kondisinya lebih baik dari rumah yang sudah tua. Tapi jangan salah, banyak kejadian di mana seseorang baru saja membeli rumah baru dan tinggal di sana, tetapi beberapa bulan kemudian mulai terlihat kerusakan seperti, genting bocor, dinding yang mulai retak-retak dan lain sebagainya. Jadi nama baik sebuah Developer juga harus Anda pertimbangkan.
Kalau Anda membeli rumah tua, Anda harus menyisihkan dana untuk melakukan renovasi agar rumah tersebut layak tinggal. Bila Anda membeli rumah dan sedikit sekali disinari matahari hal itu dapat mengurangi kesegaran ruangan di dalam rumah. Jadi tinggal di tempat yang terlalu panas juga harus ditelaah.
Membeli rumah, apalagi untuk ditinggali tidaklah mudah. Terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan rumah yang diinginkan. Tapi karena letak yang strategis mengakibatkan harga dari rumah tersebut menjadi di luar kemampuan keuangan Anda. Sehingga tertunda atau batal keputusan untuk membeli rumah. Dan Anda harus memulai lagi mencari rumah idaman.
Sebelum membeli rumah, ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan. Lokasi merupakan faktor utama yang harus Anda sepakati bersama suami atau istri. Melihat lokasi juga harus mempertimbangkan kelengkapan fasilitas di sekitar perumahan seperti sekolah, rumah sakit, tempat hiburan, supermall atau supermarket.
Lingkungan daerah sekitar perumahan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan tinggal di daerah tersebut. Teliti sebelum membeli. Keadaan fisik rumah juga harus diteliti, apakah Anda memerlukan renovasi menyeluruh atau hanya perbaikan kecil saja. Bila membeli rumah lama pasti Anda harus menyediakan dana renovasi yang cukup besar.
Semoga tulisan ini membantu Anda dalam mengambil keputusan berkenaan dengan pembelian besar yang hampir selalu diambil oleh keluarga yang ingin hidup mandiri, membangun keluarga seutuhnya. ada beberapa referensi saya untuk anda memilih rumah : Puri Harmoni dan Orchid Green Park

Tidak ada komentar:

Posting Komentar